cara menghapus virus shortcut di flashdisk via Command Prompt

Jika anda sering ke warnet untuk mencari data tentu saja untuk menyimpan data tersebut menggunakan flashdisk. Namun apa yang terjadi jika flashisk anda dimasuki virus shortcut. Apa itu virus shortcut?Virus Shortcut adalah virus jenis lama yang mampu menyembunyikan file asli milik anda dan kemudian akan menampilkan icon shortcut sebagai pengganti file anda. Dalam hal ini anda tentu panik apalagi jika data itu penting namun jika data tersebut dinilai kurang penting maka anda mungkin memformat flashdisk anda. Cara tersebut benar namun kurang tepat jika digunakan pada flashdisk yang memiliki data penting. Maka cara berikut dapat membantu anda dengan mudah hanya dengan bantuan windows cmd. Berikut langkahnya cara menghapus virus shortcut di flashdisk :

 

1. Masukan Flashdisk anda ke komputer yang belum terjangkit virus shortcut. Jika ada lebih baik komputer yang memiliki deepfreez karena ditakutkan virus akan menyebar.
2. Buka command Prompt dengan cara run--ketik cmd atau jika tidak ada run pilih all program--aksesoris--command prompt.

cara menghapus virus shortcut di flashdisk
3. Pilih Drive yang berisi flashdisk yang akan dihilangkan virus shortcutnya. Misal drive flashdisk adalah G maka ketik di command prompt "D:" tanpa tanda petik
4. Lalu ketikan format ini "attrib -h -r -s /s /d" tanpa tanda petik
5. Tekan enter lalu tunggu maka lihat flashdisk anda. File asli yang terhidden telah terbuka. Lalu hapus semua shortcut tersebut. "Ingat jangan sampai shortcut tersebut terklik jika tidak ingin virus shortcut menyebar".

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "cara menghapus virus shortcut di flashdisk via Command Prompt"

  1. teman - teman kesulitan untuk belajar komputer karena kesibukan? kini kami memfasilitasi kursus komputer jarak jauh via online, silahkan kunjungi website kami di asianbrilliant.com, ilmu komputer, Editing Film, master Animator, Master Officer

    BalasHapus